Gubernur Papua Barat Lantik Para Kepala Sekolah SMA dan SMK

Manokwari – Gubernur Papua Barat Drs. Dominggu Mandacan Jumat, 6 Desember 2019, melakukan pelantikan para Kepala Sekolah SMA dan SMK Dinas Provinsi Papua Barat yang berlangsung di Sorong.

Gubernur dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada guru, terutama guru-guru yang mengajar di SMA dan SMK, karena guru merupakan pahlawan tanpa jasa.

“Kita saat ini  ada dan bisa menjadi pemimpin atas jasa guru, oleh sebab itu kita harus menghormati para guru,” tutur Mandacan.

Menurut Dominggus, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2013, beban kerja kepada satuan pendidik sepenuhnya untuk melaksanakan tugas mengembangkan kewirausahaan dan supervisi pada guru dan tenaga pendidik, oleh sebab itu para kepala sekolah SMA maupun SMK yang baru dilantik diharapkan dapat melaksanakan tugas pembelajaran dengan baik dan profesional, hal ini dimaksudkan agar para anak didik terutama putra – putri asli papua juga dapat bersaing dengan anak didik lainnya diluar papua.

Lanjut Dominggus, kinerja guru akan dievaluasi setiap tahun yang meliputi komponen tugas menejerial, pengembangan kewirausahaan dan supervisi pada guru dan tenaga pendidik dimana dari hasil penilaian  tersebut menjadi bahan penugasan maupun perpanjangan masa tugas.

“Pengangkatan kepala sekolah harus melalui persyaratan sehingga sistem persatuan guru dapat berjalan baik. Kepala sekolah yang tidak memenuhi syarat maka sekolah tidak akan menerima dana BOS dan guru yang tidak sertifikasi tidak akan mendapat tunjangan,” tutup Mandacan. (*****)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *