2 Tahun Tuntaskan Infrastruktur Jalan Di Kabupaten Pegaf

*Jokowi Target…

 

Pegunungan Arfak – Presiden RI Joko Widodo berjanji segera menuntaskan infrastruktur di Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat. Hal itu diungkapkannya saat melakukan kunjungan kerja di kabupaten tersebut pada Minggu 27 Oktober 2019.

 “Yang akan saya prioritaskan adalah akses jalan untuk segera diaspal, sementara bandara saya minta waktu dua tahun untuk evaluasi, dan alhamdulillah bisa diselesaikan dalam waktu tersebut,” ujar Jokowi dihadapan ribuan warga Pegunungan Arfak.

Infrastruktur dasar utama yang segera diselesaikan adalah pengaspalan ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Pegunungan Arfak dengan Kabupaten Manokwari, sementara  untuk fasilitas airport akan dibangun setelah pekerjaan jalan selesai.

Jokowi juga mengatakan bahwa, akses jalan diprioritaskan, sehingga menunjang berbagai aktivitas masyarakat di sektor pertanian, ekonomi dan bisnis.

Pasalnya,  Kabupaten Pegaf mempunyai potensi pertanian daerah pegunungan yang melimpah, termasuk sektor pariwisata. Namun, selama ini terkendala di transportasi karena akses jalan belum diaspal secara keseluruhan.

“Saya terima laporan dari Bupati Pegaf Yosias Saroy yang mana daerah ini  mempunyai hasil sayuran yang sangat baik dan juga potensi wisata Danau Anggi yang sungguh mempesona. Ini adalah kekayaan alam Pegaf yang akan segera berkembang setelah akses jalan diaspal dan bandara dibangun,” kata  Jokowi.

Semetara itu Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy, SH mengatakan, sejumlah persoalan untuk kepentingan pembangunan dan aspirasi masyarakat Pegaf sudah disampaikan langsung kepada Presiden RI, salah satunya program prioritas adalah pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Pegaf.

“Terima kasih Bapa Presiden karena sudah turun langsung ke daerah kami (Pegaf, red) artinya aspirasi masyarakat Pegaf terjawab, sebab sudah lama kami menunggu kunjungan Bapa Presiden untuk melihat langsung kondisi daerah Pegaf” ungkap Yosias.

Sebelumnya, Kedatangan Jokowi disambut langsung oleh Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, Wagub Mohammad Lakotani didampingi istri, Kapolda Papua Barat, Pangdang XVIII Kasuari serta unsur Forkopimda dan para muspida serta tamu khusus yang diakses ke ring I Bandara Udara Manokwari. (*****)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *