Orgenes Wonggor Nakodai DPR Papua Barat

Manokwari – Pengambilan sumpah dan janji 45 anggota DPR Papua Barat terpilih hasil Pileg 2019 dipandu Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura, Setyawan Hartono. Berdasarkan SK pemberhetian dan penetapan, ketua sementara dijabat Orgenes Wonggor dari Partai Golongan Karya.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutannya mengatakan, 45 anggota DPR Papua Barat yang baru dilantik ini mengemban amanah rakyat.

“45 Anggota DPR PB harus menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat,” demikin ujar Dominggus pada Rapat Paripurna Istimewa pelantikan 45 anggota DPR Papua Barat di Auditorium PKK Arfai, Manokwari –  Papua Barat.

Dominggus menuturkan, DPR Papua Barat mempunyai tugas sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, membentuk peraturan daerah serta sebagai ujung tombak dalam pengawasan anggaran.

Selain itu, kata Dominggus, perlu adanya koordinasi dan interaksi yang baik antara legislatif dan eksekutif harus seirama demi mewujudkan pembangunan yang bermartabat di Papua Barat. Sehingga dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah dan stakeholder lainya untuk pencapaian tujuan masyarakat.

Sementara itu, Mantan Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol mengatakan, dari 48 rancangan peraturan daerah provinsi (raperdasi) dan rancangan peraturan daerah khusus (raperdasus), kurang lebih 50 persen telah diselesaikan dewan periode 2014-2019. Ia berharap lanjutan raperdasi dan raperdasus kiranya dapat diteruskan oleh anggota DPR Papua Barat yang baru dilantik. (*****)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *