Yuliana Mandacan Lantik Ketua Tim Penggerak PKK Manokwari, Mansel, Pegaf & Raja Ampat

Manokwari – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat Ny. Yuliana Mandacan Jumat (26/02) secara resmi melantik Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Raja Ampat bertempat di Aula Auditorium PKK Arfai – Papua Barat.

Yuliana Mandacan dalam sambutannya mengatakan, Gerakan PKK merupakan Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat.

Tim Penggerak PKK adalah Mitra Kerja Pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing – masing jenjang demi terlaksananya program PKK.

Lebih lanjut Yuliana juga mengatakan bahwa, Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Adapun Sasaran gerakan PKK adalah keluarga, baik di perdesaan maupun perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan dan kepribadiannya, dalam bidang :
Mental spiritual meliputi sikap dan perilaku sebagai Insan hamba Tuhan, anggota masyarakat dan warga negara yang dinamis serta bermanfaat, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta Fisik material meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan.

Yuliana berharap, dengan dilantiknya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Raja Ampat dapat menjadi mitra yang baik dengan Pemerintah Daerah serta berperan aktif dalam mewujud nyatakan 10 Program unggulan PKK.

Yakni, Penghayatan dan pengalaman Pancasila, Gotong royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan tata laksana rumah tangga, Pendidikan dan keterampilan, Kesehatan, Pengembangan kehidupan berkoperasi, Kelestarian lingkungan hidup serta Perencanaan sehat. (*****)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *