Dominggus Mandacan Apresiasi Kerukunan Beragama Keluarga Besar IKBA

Manokwari – Ikatan Keluarga Besar Aru (IKBA) Manokwari patut dicontohi karena telah mencerminkan sila pertama dalam Pancasila dengan mengedepankan nilai – nilai toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Demikian disampaikan Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan saat menghadiri Perayaan Natal Ikatan Keluarga Besar Aru (IKBA) Selasa (29/12) di Manokwari Papua Barat.

Menurut Gubernur, partisipasi umat muslim sebagai panitia perayaan Natal IKBA merupakan hal yang sangat terpuji dan patut dicontohi oleh suluruh ikatan keluarga besar di Provinsi Papua Barat.

Kalau di Kabupaten Fakfak ada istilah satu tungku tiga batu, dimana tungku merujuk pada konsep kebersamaan, toleransi, dan harmoni sedangkan tiga batu penopang di bawahnya adalah simbol tiga agama yakni umat Islam, Katolik, dan Kristen.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, Ikatan Keluarga Besar Aru (IKBA) di Manokwari sejauh ini sudah banyak membantu proses pembangunan di Provinsi Papua Barat, salah satunya adalah sebagai perintis awal hadirnya Markas Batalion 751 Arfai.

Sementara itu Ketua Ikatan Keluarga Besar Aru (IKBA) Manokwari Jordan Komnaris mengatakan, Perayaan Ibadah Natal IKBA Tahun ini melibatkan keluarga besar Kristen maupun Muslim, hal ini dilakukan dengan tujuan mempererat tali persaudaraan keluarga besar IKBA yang berdomisili di Manokwari.

Jordan juga menyatakan bahwa toleransi kerukunan umat beragama kelurga besar IKBA di Manokwari merupakan suatu landasan erat yang dipupuk keluarga besar IKBA dalam membantu program pembangunan Kabupaten Manokwari serta Pemerintah Provinsi Papua Barat. (*****)

GALERY FOTO NATAL IKBA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *