Kejati Papua Barat Komitment Untuk Mengedepankan Kearifan Lokal


Manokwari – Dalam rangka memperingati HUT Adhyaksa Ke-60 Tahun, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat gelar beragam kegiatan kemasyarakatan, hal ini diungkapkan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Yusuf, SH., MH Kamis (15/07/2020) disela – sela melakukan persiapan pelaksanaan HUT Adhyaksa di Kantor Kejati Papua Barat.

Yusuf mengatakan, kegiatan lomba yang dilaksanakan dalam cakupan internal adalah lomba karya tulis terkait kinerja maupun kelembagaan kejaksaan. Sedangkan kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan adalah, bakti social, melakukan Rapid Test secara gratis kepada masyarakat, anjang sana kepada para purnawirawan adhyaksa, panti jompo, panti asuhan, yayasan serta memberikan santunan kepada anak – anak yang berprestasi.

Sementara itu lomba lainnya yang akan dilaksnaakan yakni lomba ketangkasan serta lomba yang bernuansa kedaerahan atau adat misalnya pegelaran tarian yosim pancar (Yospan).

Lebih lanjut dikatakan, Kejati Papua Barat juga akan menggelar lomba modifikasi pakan local Manokwari yakni buah sukun, dengan harapan lomba ini kedepan akan dikembangkan oleh masyarakat local menjadi wisata kuliner di papua barat terlebih khusus kabupaten manokwari.

“Buah Sukun kedepan jangan hanya di goreng atau rebus. Melalui lomba ini diharapkan buah sukun dapat dimodifikasi menjadi makanan khas daerah dengan beragam rasa. Hal ini kalau dikembangkan oleh masyarakat local ia percaya secara tidak langsung akan memgembangkan destinasi wisata di papua barat dengan kehadiran para turis local maupun manca negara,” ungkap Kejati.

Kehadiran Kejati Papua Barat pun diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi ini.

“Kejati Papua Barat berkomitmen untuk melakukan penegakan hukum dengan mengutamakan kearifan local. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat menerimanya dengan hati. Kita sebagai perncari keadilan terpenuhi dan orang yang melakukan kesalahan tidak merasa hal ini adalah perbuatan pemerintah yang dendam kepada masyarakat,” jelas Yusuf

Kejati Papua Barat senantiasa akan melakukan pembelajaran edukatif dengan harapan besar dapat merangkul seluruh elemen masyarakat kejalan yang benar.

Dalam rangka penguatan sinergitas antara Kejati Papua Barat dengan Pemerintah Daerah, Yusuf berharap kedepan dapat terjalin kerjasama yang baik, serasi, selaras dan seimbang guna mewujudkan Papua Barat yang aman, sejahtera dan bermartabat.

Sementara itu Kepala BIdang Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Kesejahteraan Sosial Papua Barat Marthen L. Tirony yang saat itu mendapingi Kepala Kejati Papua Barat sangat mengapresiasi beragam kegiatan yang dilaksanakan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat beserta seluruh Stafnya, karena melalui HUT Adhyaksa Ke-60 Tahun, pihak Kejati Papua Barat telah melakukan beragam kegiatan kemasyarakatan yang melibatkan masyarakat local.

“Kejati Papua Barat adalah mitra kerja Pemerintah, gebrakan yang dilakukan oleh Kejati Papua Barat dalam rangka HUT Adhyaksa ke-60 tahun patut dicontohi oleh Kejati lainnya setanah air, karena selain mengutamakan kearifan local, Kejati Papua Barat turut membantu Pemerintah daerah dalam pengembangan destinasi wisata Papua Barat melalui lomba modifikasi buah sukun,” ujar Tirony.

Marthen Tirony yang juga merupakan penanggungjawab pelaksana kegiatan Lomba tarian Yospan yang diprakarsai oleh Kejati Papua Barat mengatakan, terkait kegiatan Lomba Yospan, pihaknya tetap mengutamakan protokoler Kesehatan.

“Peserta lomba tarian yospan yang diakomodir hanya 10 grup, dimana masing – masing grup terdiri dari 12 penari dan 5 official. Kami tidak mengundang banyak grup karena saat ini kita masih berada di zona merah Covid – 19. Kegiatan lomba ini hanya digelar 1 hari yang berlokasi di Halaman Kantor Kejati Papua Barat” jelas Marthen.

Pada kesempatan itu pula Marthen Tirony berharap, Kejati Papua Barat dapat menjadi mitra yang baik dengan Pemerintah Daerah maupun seluruh elemen masyarakat, agar kedepan dapat bersatu padu mewujudkan visi maupun misi dari Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat membangun Provinsi Papua Barat. (*****)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *