Pembangunan Pondok / Los Jualan Pinang Bagi Mama – Mama OAP Dipastikan Rampung Bulan Juli 2020


Manokwari – Sesuai dengan rancangan, perencanaan maupun pekerjaan pembangunan Pondok Pinang bagi mama – mama orang asli papua yang dibangun oleh Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Papua Barat saat ini sudah memasuki tahapan akhir atau proses finising.

Demikian disampaikan Kepada Bidang Pemberdayaan Sosial Marthen L. Tirony Senin (29/06/20) saat melakukan monitoring pembangunan pondok – pondok pinang yang berlokasi di Areal Pelabuhan Manokwari, Kompleks Borarsi serta daerah Wosi Transito Manokwari.

Menurut Tirony, khusus untuk areal pelabuhan manokwari, pondok atau los jualan yang saat ini telah dibangun oleh pihak kontraktor sebanyak 30 unit dari 40 unit yang direncanakan, sementara itu untuk daerah kompleks borarsi pembangunan sudah selesai.

“Dari 40 los di areal pelabuhan manokwari, saat ini sudah dibangun 30 los. Sedangkan daerah borarsi saat ini masuk tahap akhir yakni pengecetan,” ujar Marthen.
Lebih lanjut marthen menjelaskan, khusus untuk pembangunan los bagi para pedagang ikan di daerah sowi 4 yang awalnya akan dibangun di pantai dosa saat ini mengalami perubahan lokasi, karena berkaitan dengan hak ulayat masyarakat setempat, oleh sebab itu pihaknya nanti akan melakukan pendekatan ulang dengan para pemilik hak ulayat agar bisa menyediakan tempat yang strategis.

“Soal peruhahan lokasi telah kami sampaikan kepada Gubernur Papua Barat, karena pembangunan pondok atau los bagi oap ini merupakan program Gubernur. Dalam waktu dekat kami dari dinas akan melakukan survey ulang guna mendapat lokasi yang trategis untuk pembangunan los’” ungkap Tirony.

Marthen juga mengatakan. Pembangunan los ini awalnya akan dibangun juga pada beberapa daerah diluar manokwari, salah satunya di kota sorong maupun Kabupaten sorong, namun karena saat ini kita dilanda pandemi corona maka pembangunan los seluruhnya di pindahkan ke Manokwari.

“Pembangunan los diluar Manokwari terkendala Corona, karena menyangkut monitoring, evaluasi serta pembangunan. Namun Tahun Anggaran 2021 pihaknya akan kembali menganggarkan pembangunan los khusus pada daerah – daerah yang tertunda pembangunannya tahun anggaran 2019,” ujar Tirony

Sementara itu pihak ketiga atau kontraktor yang mengerjakan proyek pembangunan los Robby Wanggai menargetkan, pembangunan los atau pondok pinang dipastikan akan rampung akhir bulan juli 2020. Sedangkan untuk kendala lapangan, menurut Wanggai sejauh ini pekerjaan pekerjaan berjalan dengan lancar, pasalnya ia juga mendapat dukungan penuh dari para pedagang yang juga turut mengawasi material maupun bahan bangunan di lokasi kerja.

Pada kesempatan tersebut, Roby Wanggai juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Papua Barat karena telah memberikan kepercayaan kepada perusahaannya yang nota benenya sebagai orang ali papua untuk mengerjakan pembangunan pondok atau los jualan bagi mama – mama OAP di Manokwari Papua Barat. (*****)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *