Gubernur PB Memberikan 30 Paket Bantuan Kepada Penyandang Disablitas

Manokwari – Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan Kamis (09/04/20) atas nama keluarga menyerahkan bantuan bahan makanan sebanyak 30 paket kepada penyandang disablitas (tuna netra) yang di damping oleh Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Marthen Tirony bertempat di Kantor Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Manokwari.

Gubernur dalam arahannya mengatakan, pemberian bantuan bahan makanan ini adalah sebagai wujud kepeduliannya kepada warga masyarakat yang kurang mampu terlebih khusus para penyandang disablitas sebagai dampak penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Manokwari.

Lebih lanjut Dominggus Mandacan mengatakan, selain bantuan keluarga yang saat ini diserahkan, dari pihak pemerintah dalam hal ini Biro Perekda pekan ini juga telah menyerahkan bantuan social 9 bahan pokok untuk asrama – asrama mahasiswa se-tanah papua yang melaksanakan pendidikan di Manokwari.

“Pemprov Papua Barat juga telah memberikan bantuan kepada para mahasiswa dari papua barat maupun papua yang mendiami kos – kosan di sekitar amban serta bantuan juga kepada STT Ericson Trit, SPGJ, Hidayatulah serta 3 Pondok Pesantren di Distrik Prafi Manokwari, dengan total bantuan sesuai data sebanyak 60 paket,” tutur Mandacan.

Terkait dengan fasilitas tempat tinggal para penyandang disablitas, Gubernur mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan membangun pemondokan di daerah Mandopi yang penanganannya langsung dari Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Gubernur juga mengatakan bahwa sesuai petunjuk dari kementrian terkait hasil telekonfrens, saat ini Pemerintah Pusat telah membentuk Jaringan Pengaman Social, dimana Pemerintah Pusat telah mengalokasikan sejumlah dana yang nantinya akan ditransfer kepada para Gubernur, Bupati dan Wali Kota setanah air dengan sasaran kepada masyarakat ekonomi lemah yang berdampak langsung terhadap Virus Corona (Covid-19).

“Saat ini Pemprov Papua Barat sementara menyiapkan data masyarakat ekonomi lemah dampak covid-19 yang nantinya akan dikirim kepada Pemerintah Pusat, termasuk masyarakat yang di PHK. Kalau data sudah siap, kami akan kirim data tersebut ke Jakarta,” ungkap Gubernur.

Ia juga mengatakan, ditengah merebaknya covid-19 di Tanah Air Indonesia, Pemerintah Pusat juga telah mengalokasikan anggaran Dana Desa yang nantinya ditujukan kepada Para Bupati / Walikota Setanah Air yang tujuannya selain padat karya dana tersebut juga akan disalurkan kepada masyarakat ekonomi lemah yang berdampak langsung dengan Covid-19.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Marthen Tirony Mengatakan, Bantuan 30 Paket yang diberikan Gubernur Papua Barat kepada para penyandang disablitas ini yakni per-paket terdiri atas Beras 5 Kg, Minyak Goreng 2 Liter, Gula 2 Kg, Kopi 2 Paket, Daun Teh 2 Dos, Susu Kental Manis 2 Kaleng, Supermi 1 Karton serta telur 1 rak. (*****)

Galery Foto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *